Site icon mediatokotani.com

Pentingnya Pertanian Berkelanjutan dalam Industri Cokelat Dunia

KOMPAS.com – Pertanian yang berkelanjutan dalam industri cokelat dunia dinilai sangat penting.

Salah satu alasannya agar produksi cokelat yang tetap terjaga dan berkelanjutan seiring meningkatnya permintaan cokelat dunia.

Hal itu disampaikan Global EVP R&D Mondelez International Rob Hargrove dalam sesi peluncuran Pasuruan Cocoa Technical Center (PCTC) secara virtual yang digelar Rabu (7/10/2020).

Baca juga: Pusat Penelitian Kakao Global Dibuka di Pasuruan

“Kakao adalah jantung bisnis kami. Kami adalah salah satu pembeli cokelat terbesar di dunia. Jadi keberlanjutan industri cokelat sangatlah penting untuk bisnis kami,” kata Rob.

Namun tak itu saja, Rob juga menjelaskan bahwa proses berkelanjutan dalam pertanian kakao juga penting untuk memastikan produksi makanan yang berkelanjutan.

Hal itu jadi salah satu alasan mengapa Mondelez International mendirikan pusat penelitian kakao berupa PCTC yang terletak di Pasuruan, Jawa Timur.

Fasilitas Nursery pada PCTC difungsikan untuk meneliti cara pembibitan kakao yang paling optimalDok. Mondelez International Fasilitas Nursery pada PCTC difungsikan untuk meneliti cara pembibitan kakao yang paling optimal

Manfaat pertanian kakao berkelanjutan

Beberapa manfaat diharapkan bisa terjadi dalam proses pertanian kakao berkelanjutan.

Salah satunya, bisa membantu meningkatkan produktivitas panen tanpa adanya dampak buruk pada lingkungan.

“Kedua, itu bisa mendorong ketahanan pasar dan iklim. Ketiga, yang juga jadi sangat penting bagi konsumen kami yaitu bisa mendorong produk yang lebih berkualitas,” jelas Rob.

Apalagi dengan tantangan di ranah pertanian berkelanjutan ini bisa dibilang sangat rumit.

Baca juga: Tips Lelehkan Cokelat agar Mengilap dan Rasanya Lebih Enak

 

Exit mobile version