Site icon mediatokotani.com

Polri Sebut Tak Semua Wilayah Papua Alami Gangguan KKB

Liputan6.com, Jakarta Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua tak terjadi semua tanah Cenderawasih tersebut.

Adapun apa yang diucapkannya merupakan hasil paparan dari Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Paulus Waterpauw menjadi pembicara dalam seminar yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Seluruh Indonesia (PTMI).

“Provinsi Papua mempunyai wilayah yang cukup luas, karakteristik unik dan memiliki kekayaan alam melimpah. Namun, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Papua adalah yang paling rendah di Indonesia,” tutur Argo dalam keterangan tertulis, Selasa (22/6/2021).

Dalam seminar yang diikuti 100 mahasiswa dari berbagai macam universitas di DKI Jakarta, lanjut Argo, disampaikan bahwa Papua baru kembali ke Indonesia pada 1963. Proses internalisasi nilai-nilai Pancasila pun dinilai belum tuntas.

“Ditambah adanya akumulasi kekecewaan masyarakat Papua atas terbatasnya pelayanan dalam bidang ekonomi, kesejahteraan, dan pendidikan,” jelas dia.

Lebih lanjut, terdapat empat aspek krusial akar permasalahan penegakan hukum di Papua, yaitu aspek politik kolonialisme, aspek ekonomi dan kesejahteraan, aspek sosio kultural, hingga aspek idiologis serta nasionalisme.

Exit mobile version