Site icon mediatokotani.com

Polres Mimika Gelar Vaksinasi di 6 Titik, Pendaftar Lampaui Target

TIMIKA | Kepolisian Resor Mimika menggelar vaksinasi massal kepada warga Mimika secara gratis. Vaksinasi massal ini dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75.

Kapolres Mimika, AKBP Era Adhinata menjelaskan, terdapat enam titik pos vaksinasi yang digelar polisi di Kabupaten Mimika, Papua, yakni Polsek Mimika Baru, Koramil Kota Timika, Polsek Kuala Kencana, Koramil Kuala Kencana, Koramil Mapurujaya dan Pos Peka Kadun Jaya KM 10.

“Ini serentak di seluruh indonesia, bahkan ditargetkan sebanyak 1 juta orang, dibagi ke beberapa daerah 1000 orang,” terang Era di Koramil Timika, Sabtu (26/6/2021).

Vaksinasi ini dijelaskan Kapolres, bukan hanya di Kabupaten Mimika melainkan serentak di seluruh Polres dan Polsek se-Indonesia. Bahkan, diperintahkan langsung oleh Kapolri melalui surat nomor: STR/458/iv/ops.2/2021 tentang percepatan dan kesuksesan pelaksanaan vaksin Covid-19.

Diakui Kapolres, masyarakat sangat antusias. Peserta bahkan melebihi target yang diinginkan yakni 1000 peserta menjadi hampir 4000 pendaftar.

“Saya minta maaf kepada masyarakat, karena tadi sebagian kita suruh pulang, targetnya 1000 orang tapi yang daftar hampir 4000 orang,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Reynold Ubra mengapresiasi kerjasama yang dilakukan Dinkes Mimika bersama Polres dan Kodim Mimika untuk percepatan vaksinasi.

“Dari dinas kesehatan, kita akan lakukan percepatan vaksinasi kepada penduduk. Hari ini sudah dimulai oleh Polres Mimika dan jajarannya, juga didukung oleh anggota TNI,” terang Reynold saat ditemui di Kampung Kadun Jaya KM 10, Sabtu (26/6/2021).

“Ini langkah yang sangat baik dan tepat. Dengan meningkatnya kasus Covid-19, di pulau Jawa dan beberapa kabupaten di Papua, salah satu cara mengendalikan dan menghentikan angka penyebaran dan kesakitan hanya melalui vaksinasi,” tambahnya.

Dijelaskan Reynold, sesuai dengan instruksi Presiden RI, target vaksinasi di seluruh Indonesia harus mencapai 1 juta penduduk per harinya.

“Di Mimika dimulai pada hari ini, yaitu dengan memberikan vaksinasi kepada penduduk yang ada di beberapa distrik,” terangnya.

Karena instruksi Presiden, pihaknya harus meningkatkan jumlah orang yang menerima vaksin. Selain itu, menurutnya, kebutuhan vaksin saat ini adalah hak semua penduduk yang ada di Kabupaten Mimika.

Data terakhir yang dihimpun Dinkes, jumlah warga Mimika yang sudah disuntik vaksin per 25 Juni 2021 malam adalah lebih dari 33.000 orang.

“Kontribusi Dinkes Mimika saat ini adalah memenuhi ketersediaan vaksin. Kita berharap hari ini, setidaknya kita bisa mencapai 1.300,” pungkas Reynold.

Exit mobile version