Site icon mediatokotani.com

PPKM Darurat sukses menurunkan mobilitas penduduk di Stasiun KA Medan

Calon penumpang kereta api di stasiun Medan

Medan – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berhasil turunkan mobilitas masyarakat yang mengfungsikan jalur darat melalui Stasiun Kereta Api Medan jelang libur lebaran Idul Adha 2021.

Manajer Humas PT. KAI Divisi Regional 1 Sumatera Utara, Mahendro Trang Bawono di Medan, Senin, menyebutkan sampai Senin (19/7) sore keseluruhan penumpang yang jalankan perjalanan lokal maupun antarkota tercatat turun lebih berasal dari 75 % jadi 600an orang per hari dibanding sebelum akan PPKM Darurat yang capai 2.800 penumpang per hari.

Hal itu berlangsung sebab pihaknya melakukan pengetatan kepada masyarakat yang inginkan membeli tiket kereta api sejak 12 Juli 2021.

Masyarakat atau calon penumpang diharuskan memperlihatkan surat bukti udah jalankan vaksin COVID-19 sekurang-kurangnya dosis pertama, surat tugas kerja atau dinas dan surat hasil tes cepat antigen negatif untuk jalankan perjalanan antarkota menuju Kota Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Tanjung Balai, Kisaran sampai Rantauprapat.

Sementara itu untuk perjalanan kereta api lokal menuju Binjai, pihaknya hanya berharap bukti surat tugas kerja atau dinas dari instansi terkait, tanpa surat tes antigen negatif.

Kebijakan itu dilakukan manfaat menerapkan ketentuan dari Kementerian Perhubungan yang berdasarkan surat edaran dari instruksi menteri dalam negeri, yang menunjukkan melakukan PPKM Darurat di 15 kabupaten kota di luar Pulau Jawa dan Bali sejak 12 sampai 20 Juli 2021.

Mahendro mengakui meski berasal dari sisi perusahaan jumlah penumpang tercatat menurun, namun pihaknya berkomitmen untuk menunjang pemerintah dalam mengendalikan penyebaran virus corona.

“Kami menilai PPKM ini berhasil karena jumlah orang yang bepergian menggunakan angkutan kereta api dengan persyaratan yang diperketat mengalami penurunan. Memang dari sisi perusahaan terlihat kurang bagus cuma kami berkomitmen untuk mendukung program pemerintah menyukseskan kegiatan PPKM darurat tadi, ” katanya.

Selama laksanakan perjalanan dan berada di lingkungan stasiun, pihaknya terhitung mengimbau kepada penumpang maupun calon penumpang untuk tetap menjalankan protokol kesehatan COVID-19 yaitu membasuh tangan, memanfaatkan masker dan menjaga jarak.

Exit mobile version