Site icon mediatokotani.com

Polri Ciptakan Aplikasi e-AVIS Guna Permudah Warga Buat SIM

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) segera menciptakan aplikasi Electronic Audio Visual Integrated System (e-AVIS) untuk mempermudah masyarakat didalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Aplikasi ini amat mungkin masyarakat untuk melaksanakan ujian teori itu di rumah ataupun ujian teori di Satpas SIM,” kata Perwira Administrasi (Pamin) Teori Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polda Metro Jaya, Ipda Aditya Ambarsari sementara ditemui di Satpas SIM Daan Mogot Jakarta Barat, Selasa.

Aditya menjelaskan, aplikasi tersebut dibikin supaya warga tidak kudu lagi mendatangi kantor Satpas untuk mengakibatkan SIM.

Selain itu, aplikasi ini terhitung sanggup meminimalisir kesibukan calo pembuatan SIM.

Warga nantinya mampu mendapatkan aplikasi tersebut dari tautan yang dapat disosialisasikan kepolisian di dalam pas dekat.

Lewat tautan itu, katanya, warga masuk ke di dalam aplikasi dan diharuskan isi beberapa information diri seperti nama, nomer induk kependudukan dan no telepon.

Setelah itu, warga diperkenankan untuk mengerjakan soal tes teori yang udah disediakan di aplikasi tersebut.

Pengerjaan soal pun, lanjut Ambar, bakal dipantau secara langsung melalui kamera yang membuka oleh petugas.

“Di aplikasi itu, kita harus direkam. Jadi, mukanya direkam sementara mengerjakan soal pada sementara mengerjakan. Jadi, live,” katanya.

Setelah dinyatakan lulus dari tes teori, warga bisa langsung mengikuti tes kesehatan dan praktik yang dilaksanakan secara langsung di Satpas SIM.

Walau belum diresmikan, aplikasi ini telah dilakukan uji cobalah terhadap 8 September lantas di Satpas SIM Daan Mogot.

Saat itu telah tersedia 110 warga sudah memakai aplikasi tersebut untuk meniti ujian teori.

Namun demikian, ke-110 warga itu tidak menggunakan aplikasi tersebut berasal dari jarak jauh melainkan melalui komputer yang di sediakan di Satpas SIM Daan Mogot.

Ambar meminta aplikasi ini mampu berfungsi maksimal dalam menunjang warga membuat SIM selama era pandemi.

Sumber:  pelitakarawang.com

Exit mobile version