Site icon mediatokotani.com

PPKM Diperpanjang Kembali Hingga 18 Oktober

Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan mengumumkan bahwa pemerintah kembali memperpanjang pembatasan aktivitas masyarakat selama dua minggu ke depan hingga 18 Oktober 2021.

Luhut menuturkan, dalam dua pekan ke depan, jumlah kabupaten/kota yang berstatus PPKM 3 bertambah dari 84 menjadi 107 kabupaten/kota. “Dalam proses pelaksanaan PPKM tingkat dalam dua minggu ke depan, 20 kabupaten/kota tetap di level 2, sedangkan kabupaten/kota di level 3 bertambah dari 84 kabupaten/kota menjadi 107 kabupaten/kota,” Lu Huth Senin ( 4/10/2021).

Luhut menjelaskan, hal ini karena kota-kota sekunder yang sebelumnya dikecualikan gagal mencapai tujuan cakupan vaksinasi untuk orang tua atau orang tua. “Jadi hasil vaksinasi yang kami tambahkan sebagai standar minggu lalu tidak tercapai, sehingga levelnya turun,” jelasnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal (Menko Marinves) mengungkapkan klaster Solo Raya sudah diturunkan ke level 2, sedangkan klaster Jabodetabek masih level 3.

“Jabodetabek belum menurun, karena Bogor, Bandung, Tangerang dan Bekasi masih kekurangan vaksinasi Level 3, makanya kami akan membentuk kelompok kerja untuk ini, jadi kami akan menyuntikkan 2 juta vaksin dalam waktu seminggu ke depan,” kata Luhut.

Pemerintah mengklaim pandemi Covid-19 terus menunjukkan perbaikan dalam dua pekan terakhir. Jumlah kasus positif Covid-19 yang dikonfirmasi secara nasional telah turun 98%, dan jumlah kasus di Bali, Jawa juga turun 98,7% dari puncaknya pada 15 Juli.

Exit mobile version