Site icon mediatokotani.com

Kementan Gelar GPM Jelang Hari Pangan Sedunia

MediaTokoTani – Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan Gelar Pangan Murah (GPM) di seluruh Indonesia. Kegiatan menjelang peringatan Hari Pangan Sedunia pada 16 Oktober ini bertujuan untuk memberikan akses pangan yang terjangkau dan berkualitas kepada masyarakat di masa pandemi COVID-19.

Berdasarkan data BKP Kementerian Pertanian, beberapa pasar Mitra Tani (PMT) atau Toko Tani Indonesia Center (TTC) di provinsi dan kabupaten melaksanakan GPM.

GPM di Kabupaten Sukoharjo dilaksanakan pada 1 Oktober, Kabupaten Bone 4-5 Oktober, Provinsi Kalimantan Barat 6 Oktober 2021, Provinsi Sulawesi Tenggara 6-8 Oktober 2021, PMT Sulawesi Selatan 6-7 Oktober 2021 dan PMT Sulawesi Tengah 5-7 Oktober 2021.

PMT /TTIC di berbagai provinsi dan kabupaten menawarkan sembilan paket sembako murah dan strategis (Paket Pangan Komplit Murah/PPKM).

“Kami terus mendorong GPM yang dilakukan oleh berbagai PMT/TTIC di sektor ini agar masyarakat memiliki akses pangan yang terjangkau dan berkualitas di tengah pandemi yang sedang berlangsung,” kata Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan BKP Kementan, Risfaheri.

Meski offline, PMT/TTIC tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan mewajibkan pengunjung menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. PMT/TTIC juga melayani penjualan secara online melalui pemesanan dan pengantaran online dengan menggunakan aplikasi seperti PasTani milik PMT Kementan.

“Tren belanja online saat ini sedang naik daun, makanya PMT/TTIC membawa inovasi dan memudahkan masyarakat untuk berbelanja online, dan itu memang kebutuhan kita karena pandemi masih berlangsung,” ujarnya.

Ditambahkannya, keberadaan PMT/TTIC Kementerian Pertanian merupakan alat untuk menstabilkan suplai dan harga pangan dengan memotong rantai pasok agar efektif dan efisien. Dengan cara ini, produsen bisa mendapatkan harga yang layak dan konsumen dapat mengakses pangan yang terjangkau.

Exit mobile version