Site icon mediatokotani.com

Kadiv Humas: Mural Pemenang Akan Digambar di Tiang Jembatan Bus Transjakarta di Depan Mabes Polri

Jakarta – Festival Mural Bhayakara 2021 dibuka secara resmi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Kamp Bhayangkara Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Sabtu (30/10). Melalui hasil kurator atau seleksi di tingkat Polda, mereka mempresentasikan karyanya untuk memperebutkan Piala Kapolri.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono yang juga Ketua Panitia Bhayakara Mural Festival 2021 mengatakan, awalnya hanya diikuti 18 peserta lomba mural selama dua minggu pertama penyelenggaraan. Namun setelah Kapolri menyampaikan bahwa festival mural ini diberbolehkan untuk menuangkan karya baik yang positif maupun negatif, pendaftar kemudian melonjak naik hingga mencapai 803 orang.

Dari 803 pelanggan, kemudian 154 disaring di tingkat Polda dan kemudian 80 disaring menjadi tim mural yang akhirnya berkesempatan melukis di Lapangan Bhayangkara. Argo mengatakan festival mural Bhayangkara juga digelar serentak di 34 Polda.

“Jadi pendaftar ini kemudian mengirim desainnya ke panitia, kemudian panitia dari Polda menyeleksi dan kemudian mengirim 5 pemenang ke Jakarta,” kata Argo dalam sambutannya.

Dikatakannya, festival mural ini dinilai oleh juri yang tidak ada unsur kepolisian. Adapun juri, ia mengatakan bahwa Argo adalah orang yang berpengetahuan luas, berpengalaman dan benar-benar berkecimpung di dunia seni.

“Dari juri itu tidak ada polisinya, juri dari luar. Juri ini sudah kompeten sudah memahami mural, kita fasilitasi semunya dewan juri yang profesional yang memilihnya,” tandas mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Argo mengatakan seni mural memberikan kebebasan bagi produksinya untuk mengeksplorasi kreativitasnya sendiri, sekaligus memuaskan hasrat dan nilai estetis, kemudian menuangkannya ke dalam media permanen, sambil terus memberikan kesempatan kepada masyarakatnya, para penggiatnya.

Oleh karena itu, Polri meyakini bahwa kreativitas para muralis perlu diapresiasi dan dipublikasikan agar dapat menggugah semangat gerakan dalam menyampaikan kritik dan pesan positif di media mural.

Nantinya juga, karya para pemenang festival mural akan dilukis di tiang-tiang Flyover Non Tol Bus Transjakarta depan Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan. Polri mengaku telah berkoordinasi dengan Pemprov DKI di Jakarta.

“10 pemenang akan menggambar mural lagi di tiang Mabes Polri, ada lima tiang kami sudah izin pemerintah DKI, tiang ini karena tinggi, akan dibuat 2 mural atas bawah, setelah kegiatan akan gambar di tiang, kita berikan ruang bagintempat mereka yang juara disini,” pungkas Argo.

Exit mobile version