Site icon mediatokotani.com

41 Pelaku Curanmor Berhasil Ditangkap Oleh Polda Sumut Dalam 5 Hari

Polda Sumut (Sumut) akan melakukan Operasi Doba Kansil pada 2021. Dalam waktu 5 hari operasi ini, puluhan bandit atau penjahat ditangkap. Operasi Toba Kancil merupakan operasi pemberantasan tindak pidana pencurian dan penahanan kendaraan bermotor di Sumatera Utara.

Operasi dimulai pada 22 Oktober dan berakhir pada 26 Oktober. Sebanyak 34 kasus terdeteksi, dengan 41 kasus suspek. “41 tersangka dan 34 kasus,” jelas Kombes Pol, Kabag Humas Polda Sumut.

Kapolda Sumut menyatakan, saat menangani operasi Kancil pada 2021, dibagi menjadi dua bagian, yakni zona prioritas dan zona keseimbangan.

Sejauh ini, lanjut Kabidhumas, Polrestabes Medan telah menemukan kasus terbanyak dan berhasil menemukan 9 kasus dan 12 tersangka. Kemudian, Polsek Deli Serdang memiliki 7 kasus dengan 10 tersangka. “Teknik pencurian terbesar adalah penggunaan kunci palsu (79,5%) untuk pencurian,” kata Kabi Dumas.

Menurut Kabidhumas, mudahnya para pelaku aksi curanmor melakukan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor karena kurangnya kewaspadaan para korban saat memarkirkan kendaraannya. Pengendera, kata Kabidhumas, hanya mengandalkan kunci sepeda motor manual tanpa menggunakan kunci ganda.

“Jenis kendaraan yang menjadi sasaran pencurian didominasi kendaraan R-2 (96%), hal ini dapat disebabkan sepeda motor hasil curian tidak memerlukan tempat penyimpanan sementara dan tidak terlampau mencurigakan masyarakat sekitar, di samping mudah bagi para pelaku curanmor menjual sepeda motor hasil curian kepada penadah dengan harga miring ataupun dengan menjualnya kepada penjual onderdil bekas,” ujar Kabidhumas.

Exit mobile version