Site icon mediatokotani.com

Polri Gelar Lomba Pidato Peringati Hari HAM

Jakarta – Pada 10 Desember, Divisi Humas Polri akan menggelar Lomba Pidato Pidato Piala Kapolri 2021. Acara tersebut juga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia (HAM).

Pol Dedi Prasetyo, Direktur Divisi Humas Polri dan Irjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan tujuan diadakannya lomba pidato ini adalah untuk memberikan ruang dan wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan keinginan dan cara berekspresi.

“Menyediakan wadah atau ruang bagi masyarakat untuk mengekspresikan keinginan dan cara berekspresinya, sekaligus mengedukasi masyarakat tentang bagaimana menyampaikan keinginannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Dedi dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (11) / 24/2021).

Tema acara tersebut adalah “Hari Hak Asasi Manusia”. Sementara itu, subtema acara ini adalah gratis. Atau dengan kata lain, peserta bebas memberikan orasi berupa kritik atau komentar yang membangun.

Dedi menambahkan, kegiatan ini merupakan komitmen Polri yang sangat menghargai keinginan masyarakat yang merupakan salah satu hak asasi manusia. Hal ini sejalan dengan Pasal 28 UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang kebebasan menyampaikan pendapat kepada publik.

“Polri selalu menghormati dan menghormati hak asasi manusia dalam bentuk membela demokrasi dan melindungi warga negara yang mengeluarkan pendapatnya di depan umum,” kata mantan Kapolda Kalteng itu.

Lomba pidato teknis ini nantinya akan melalui proses seleksi di tingkat Polda, kemudian disaring untuk masuk ke tingkat Mabes Polri. Semua lapisan masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mulailah dengan elemen seperti pelajar, pekerja, dan petani. Kompetisi ini terdiri dari 1 tim yang dapat menampung 5-15 orang.

Periode pendaftaran untuk kompetisi itu sendiri adalah dari 25 November 2021 hingga 30 November 2021. Setelah melewati proses penyaringan tingkat polda, nantinya pada 10 Desember, kontestan yang meraih juara pertama di daerah akan tampil di tingkat pusat atau di Mabes Polri.

Polri menyiapkan hadiah Rp50 juta untuk juara pertama. Kemudian, juara kedua mendapatkan 30 juta rupiah dan juara ketiga mendapatkan 20 juta rupiah.

Seperti yang kita ketahui bersama, Polri bukanlah yang pertama menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan kebebasan berpendapat dan berpendapat. Pasalnya, Bhayangkara Corps sukses menggelar festival lomba mural pada 30 Oktober 2021.

Exit mobile version