Site icon mediatokotani.com

Novel Baswedan Cs Ditempatkan di Kortas Tipikor

Jakarta – Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyatakan Novel Baswedan Cs dapat ditugaskan ke Tim Pemberantasan Korupsi (Kortas) untuk memberantas tindak pidana korupsi (Tipikor).

Hal ini sejalan dengan rencana pengembangan Badan Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) menjadi Tim Pemberantasan Korupsi (Kortas). Hal itu disampaikan Kapolri saat penyerahan perintah khusus dari Novel Baswedan dan 43 mantan pegawai KPK selaku ASN Polri.

“Saat ini kita sedang melakukan perubahan di Dittipidkor. Kita akan melakukan korupsi Kortas (Pemberantasan Korps) sehingga mencakup seluruh departemen dari pencegahan dan kerjasama hingga penuntutan,” kata Listyo dalam instruksinya, Jumat (10 Desember 2021). ).

Novel Baswedan Cs boleh ditempatkan di organisasi baru. Namun, Dedi Prasetyo, Direktur Humas Polri dan Irjen, menjelaskan penempatan Novel dan lainnya akan disesuaikan dengan kemampuannya.

“Sesuai dengan kemampuan, dengan latar belakang yang berbeda, setiap orang memiliki SDM yang lain,” kata Dedi.

Pada saat yang sama, nanti, tempat Cortas ini akan setingkat dengan skuadron 88 Satgas Penanggulangan Terorisme. Cortas ini akan langsung berada di bawah Kapolri. Proyek Kortas ini dipimpin oleh Jenderal Bintang 2.

Diketahui, Dittipikor saat ini berada di bawah tim penyidikan kepolisian dan dipimpin oleh seorang brigadir jenderal bintang satu alias. Sementara itu, Bareskrim dipimpin oleh seorang jenderal bintang tiga, dan seorang jenderal bintang dua mengisi posisi Wakabareskrim.

“Nanti dia sama Densus 88, masih di bawah pimpinan Kapolri,” kata Dedi. Dedi menjelaskan, di Cortas, beberapa perwakilan akan dibagi dan dipimpin oleh satu perwakilan. Kedeputian ini kemudian mencakup mulai dari pencegahan hingga penuntutan.

Dia mengatakan: “Biro Antikorupsi akan ditingkatkan ke organisasi yang lebih tinggi. Mereka akan menjadi deputi, deputi penuntutan, deputi pencegahan, deputi kerjasama antar lembaga, dan kemudian menambah deputi lagi.”

Exit mobile version