Site icon mediatokotani.com

Polri Memastikan Stok Bahan Pokok Aman Saat Akhir Tahun Mendatang

Polri melalui Satgas Pangan akan memantau stok pangan, harga, dan kelancaran distribusi sembako pada 2021. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan pasokan bahan pokok hingga akhir tahun.

Brigjen Whisnu Hermawan, Kepala Satgas Pangan Polri, mengatakan sepanjang tahun 2021 Satgas Pangan Polri yang terdiri dari 6 Subsatgas dan Satgas Pangan Daerah yang dipimpin Dirtipideksus Polda melakukan operasi di masing-masing provinsi (34 Polda). 104.948 dan aktivitas pencegahan untuk memastikan ketersediaan, distribusi, penetapan harga, penegakan, dan deteksi dini.

“Pasokan bahan baku (bapok) aman sepanjang tahun 2021,” kata Whisnu saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (28/12).

Whisnu menjelaskan, meski penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di saat penyebaran Covid-19 meningkat, Satgas Pangan Polri juga memastikan distribusi sembako berjalan lancar dan tidak terhambat.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Satgas Pangan Polri, harga sembako secara umum relatif stabil selama tahun 2021, hanya tiga komoditas yang naik yakni minyak goreng, cabai, dan ayam. Telur.

Dari hasil pantauan, kenaikan harga minyak nabati disebabkan oleh kenaikan bahan produksi minyak nabati (CPO), sedangkan kenaikan harga telur karena mekanisme pasar yaitu peningkatan permintaan.

Whisnu mengatakan pemerintah tidak ikut campur menaikkan harga karena harga telur sudah jauh di bawah harga pokok produksi (HPP) beberapa bulan lalu. Diharapkan kenaikan harga telur saat ini juga dapat memperbaiki atau menebus kerugian yang dialami ayam petelur dalam beberapa bulan terakhir.

Exit mobile version