Site icon mediatokotani.com

Petani Bondowoso Gerdal Blast, Antisipasi Gagal Panen

mediatokotani.comHama dan penyakit tanaman (Organisme Pengganggu Tanaman/OPT) menjadi ancaman bagi upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi pangan. Serangan OPT akan merusak produktivitas tanaman.

Berdasarkan hal tersebut, observasi lapangan terhadap hama pada tanaman pangan belum dihentikan oleh Tim Penyuluh Pertanian di Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur bersama petugas POPT. Saat ini, kampanye difokuskan pada Kelompok Tani (Poktan) Locare 5 yang menunjukkan tanda-tanda serangan blast.

Berdasarkan pengamatan, dilakukan gerakan pengendalian (Gerdal) dengan menggunakan biofungisida yang mengandung bakteri Streptomyces SP 106 cfu/gram dan Geobacillus SP 106 cfu/gram.

“Kami menggunakan biofungisida karena serangannya masih di bawah ambang ekonomi. Namun mengingat cuaca ekstrim, harus ada kampanye segera untuk menekan serangan sedini mungkin,” kata Sukartatik, yang merupakan POPT di Kabupaten Curahdami.

Gerdal dilakukan di areal persawahan Poktan Locare 5 dengan luas sekitar 8 hektar. Petani di Desa Locare menggunakan pola tanam padi serempak dan sistem tanam jajar legowo. Dalam gerdal ini, mereka melibatkan 20 petani dalam aplikasi bio fungisida.

“Kegiatan ini merupakan langkah konkrit pemerintah untuk mencegah penurunan produksi dan produktivitas beras,” kata Samsaimun, koordinator BBP Congkrong yang hadir dalam acara tersebut.

Sementara itu, Dedi Nursyamsi, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), mengakui kondisi pertanian saat ini rentan terhadap serangan hama dan penyakit.

“Hama dapat merusak tanaman dan membuat petani tidak bisa panen. Sehingga petani dan penyuluh harus segera mengantisipasinya,” pintanya.

Sementara itu sebagai pemimpin Presidensi G20 pada Kelompok Kerja Sektor Pertanian (Agriculture Working Group), Kementerian Pertanian (Kementan), melalui Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa Kementan mengusung tema keseimbangan jaminan pasokan pangan nasional dari sumber produksi pertanian dalam negeri, serta jaminan kelancaran perdagangan pangan dan pertanian lintas batas negara untuk menjamin kecukupan pangan global.

Baca Juga : Aplikasikan Insektisaida Stargate® 0,5 GR, Panen Berlipat

Exit mobile version