Site icon mediatokotani.com

Bulog Jamin Stok Beras Cukup sampai Lebaran

MediaTokotani.com – Mokhamad Suyamto, Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog, telah menyatakan bahwa stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola oleh Perum Bulog saat ini telah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan penyaluran selama bulan puasa dan Lebaran tahun 2024.

Menurut Suyamto, saat ini Perum Bulog mengendalikan stok beras pemerintah sebanyak sekitar 1,4 juta ton. Selain itu, Bulog juga mencatat bahwa masih terdapat sisa kuota penugasan impor sebanyak 1,5 juta ton untuk tahun ini.

“Sekarang jumlahnya sangat memadai untuk kebutuhan penyaluran, baik selama bulan puasa dan Lebaran maupun penyaluran bantuan pangan hingga bulan Juni,” ujar Suyamto di Jakarta pada hari Senin,(26/2/2024).

Dalam menghadapi lonjakan harga beras yang terus meningkat, Mokhamad Suyamto juga menegaskan bahwa Bulog akan terus aktif melakukan langkah-langkah strategis untuk mengatasi fluktuasi harga tersebut. Salah satu langkah yang akan diambil adalah melalui program bantuan sosial beras dan operasi pasar dengan menggunakan beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan).

“Saat ini Bulog melaksanakan penyaluran bantuan pangan (bansos beras) sebanyak 10 kg ke masing-masing kepada 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mulai bulan Januari sampai dengan Juni,” imbuh dia.

“Selanjutnya terus menggelontorkan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang disalurkan ke pasar induk, pasar tradisional dan retail modern. Kemudian Bulog juga melakukan intervensi melalui melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) yang mendatangi langsung ke pemukiman penduduk atau tempat keramaian,” ia menambahkan.

Suyamto menekankan pentingnya pengakuan bahwa dibutuhkan waktu untuk mencapai keseimbangan harga yang memadai di tingkat produsen dan konsumen. Namun, dia mengklaim bahwa hal ini telah dipertimbangkan oleh pemerintah.

“Sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir terhadap harga dan ketersediaan pangan khususnya beras ini. Pemerintah terus melakukan aksi cepat tanggap atas dampak perekonomian yang ditimbulkan oleh perubahan iklim El Nino yang saat ini tengah melanda dunia,” tuturnya.

Baca Juga : Jokowi Tanam Padi dan Resmikan Jembatan di Jateng Hari ini

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari MediaTokoTani.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version