Site icon mediatokotani.com

Presiden Jokowi Tinjau Panen Jagung di Sumbawa Tekankan Pentingnya Keseimbangan Harga

Mediatokotani.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan untuk meninjau panen besar jagung di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada hari Kamis (02/05/2024). Setelah peninjauan, dalam pernyataannya, Presiden Jokowi menegaskan pentingnya menjaga keseimbangan harga, terutama pada saat suplai jagung meningkat.

“Harga yang sebelumnya Rp7.000, sekarang sudah menjadi Rp4.200. Baik untuk peternak tapi kurang baik untuk petani. Nah, ini lho menjaga keseimbangan seperti ini yang tidak mudah,” ujar Presiden.

Presiden juga menyoroti pentingnya meningkatkan produksi jagung di setiap wilayah, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada peningkatan pendapatan para petani.

“Produktivitasnya harus naik, misalnya kayak sini pakai benih tangguh, hasilnya tadi saya tanya 7-8 ton, kalau yang bisi juga sama bisa 7, 8, 9 ton. Nah, produksinya harus itu, tapi ada yang di bawah 5. Nah, itu yang dengan harga Rp4.200 itu enggak nutup,” ujarnya.

Presiden juga berharap agar harga jagung terus meningkat dan terjadi keseimbangan antara permintaan dan suplai. Beliau telah memberikan instruksi kepada jajaran pemerintahannya untuk melakukan perhitungan secara cermat.

“Kemarin kita sudah hitung-hitung dan kita dorong, tapi kalau supply-nya terlalu besar, demand-nya tetap itu hukum pasarnya harga pasti turun karena over supply,” kata Presiden.

Presiden juga memerintahkan kepada jajarannya untuk mendorong industrialisasi di sektor pertanian. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk menjaga stabilitas harga.

“Memang [hilirisasi] ini yang terus akan kita dorong, sehingga harga itu bisa lebih stabil, kalau ada industrialisasi harga akan lebih stabil. Tapi kalau jauh, dari sini harus dibawa ke Jawa, dari sini harus bawa ke Jawa Barat, ya memang cost-nya ke makan banyak di transpor,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi, serta Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah.

Baca Juga : Presiden Tinjau Harga Komoditas Pangan di Pasar Jatinegara

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari MediaTokoTani.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version